Saturday, October 4, 2014

CABI 2014 #DAY 2

#Day 2

27 September 2014. Hari kedua di gunung bunder. Kita dibangunin untuk Qiyamul Lail jam 2.30 pagi ?!! astagfirullah, tidur kurang nyenyak gegara kakak panitianya berisik patrolinya. Ada yang ketawa ngakak dan lain sebagainya. Baru juga bisa tidur eh udah dibangunin. Serasa bom atom jatuh dari bawah pagi itu .-. langsung keluar tenda, dan bbrrrrr dinginnya menusuk. Langsung buru-buru ambil wudhu biar ga kedinginan kan, habis itu masuk pleton untuk solat. Di dalem pleton, itu semuanya udah sampe ada yang nyium terpal dan ga bangun-bangun. Heran, ga tidur kali ya tu anak. Udah nyium tanah tapi ga bangun juga. Hidungnya ga sakit emang ya? entah deh. Udah selesai memeriksa keadaan, mulai solat tahajud. 2 salam 2 salam sih, tapi kakaknya baca suratnya bikin ngantuk. Saya yang tadinya ngantuk aja malah kebelet ketawa karena liat orang di depan itu sampe terkantuk-kantuk dan hampir nyungsep, ada juga yang hampir jengkang ke belakang. Ya allah, ganggu konsentrasi emang sih, tapi setidaknya saya ga jadi ngantuk. Haha. Terima kasih buat teman-teman yang waktu qiyamul lailnya ngantuk. Udah selesai solat tahajud, ada sedikit sharing dari rizal dari kelompok putih mengenai hari kemarin. Habis itu lanjut tadarusan. Nah, itu momen tadarusan langsung dipake tidur untuk beberapa orang yaang kurang tidur macam saya. Tapi, saya ga beneran tidur, cuma meremin mata aja. Kalo udah mulai agak pules saya langsung bangun, kenapa? Saya males wudhu lagi -_- *plak. Disaat itu pula, banyak lagi yang tumbang. Kali ini bahkan ada yang sampe tersungkur di bawah. Itu mau ngakak tapi gimana ya, kasian, dia mungin lelah pake banget kuadrat kali. Waktu mau subuh, kan gue sebelahan ni solatnya sama Ari, eh dia ngebom nuklir. Kasian perutnya sakit. Bom nuklirnya kasian ga mau keluar, alhasil perutnya sakit dan waktu mau subuh bomnya malahan meledak. Haha, itu bikin kaget gue. Dia juga sampe meringis karena perutnya sakit. Pukpuk Ari :D

Menjelang pagi kita beres-beres lagi ada yang ketinggalan atau engga. Kepikiran itu di tas lapangan masalah air minum yang kita bawa. Feeling ga enak mulai muncul. Sontak langsung deh nanya, “botol 1,5 liternya dibawa ga?” Syella langsung jawab dia bawa. Yaudah deh tu, tapi masih agak ngeganjel gimana gitu. Habis itu kita makan lagi. Daaaaan, pagi itu bukan sarapan namanya karena kita nambah 2 kali. Itu wew banget. Gapapalah, isi tenaga. Hehe. Yowes, setelah sarapan, ga berapa lama kemudian ada sirine bunyi. Kalap kaya ikan mau dijaring, kita semua rebutan jalan. Posisinya waktu itu kita semua lagi pake boots. Jadi, harap dimaklum ka kalo telatnya banyak. Kakinya agak berat gimana gitu pasti yang lain. Maaf ya ka~ karena kita telat, jadi ada hukuman deh. Kita semua push up. Itung-itung pemanasan sebelum tracking lah. Udah selesai hukuman, kita ada checking survival box. Bener atau engga, kuat atau engga, lengkap atau engga, dibutuhkan atau engga barang yang ini dan itu, dan lain sebagainya. Sampe ada simulasi di buang, dibanting, diceburin. Ya kan tujuannya emang untuk di test, layak atau engga survival yang kita bawa itu. Soalnya itu pasti akan dibutuhkan dalam keadaan darurat. Ya pokoknya intinya  itulah. Selesai cek survival box, kita dikasih bekel makanan sama kaka panitia. Instruksinya jam 12 makan. Waktu itulah yang paling gue tunggu, hehe. Sebelum berangkat, kita nyanyi yel-yel plus jargon dulu. Nanti di akhir dikasih tau deh yel-yel sama jargonnya Trithemis aurora. Yup, karena kemarin kita dapet reward untuk tracking yang kedua, jadi kita langsung cus jalan habis kelompok merah a.k.a kelompok cabe kelompoknya Ari. Kita disuruh ikutin tagline pita warna pink. Aduh kayanya kakak panitianya seneng sama pink deh. Saya jadi terhura .-. *plak.

Ini pasti masuk pos deh. Soalnya sambil jalan ka darma bilang nanti kalo ditanya kita suruh jawab mau belajar, gitu. Yaudah, sambil jalan menuju pos pertama, kita dijelasin banyak plus dikasih contoh-contoh yang waktu itu pernah kita pelajarin waktu masih suka kumpul cabi. Sekarang lebih banyak ke contohnya, sama nunjukin bagian-bagiannya. Soalnya waktu di kampus udah sempet disinggung juga. Sambil jalan sambil belajar, kadang ngeguyon juga, akhirnya sampai di pos 1, pos Zoologi 1. Sebelum masuk, ada kakak panitia yang menyambit kita dengan ngasih perintah untuk cari 3 hewan yang ada disekitar. Kita dikasih jaring, langsung deh nyari hewan. Tebas tanaman kanan kiri, melotot siapa tau ada hewan mini yang lewat, akhirnya dapetlah kita 3 hewan. Tawon, belalang, yang satu lagi ga tau apaan, kaya kupu gitu. Kita masuk, ketemu sama kakak-kakaknya, terus suruh jelasin hewan apa aja ini, pokoknya describe si hewan itu. Sambil jelasin, karena penasaran sama si tawon, tapi ada efek ngeri gimana gitu, takut nanti dia kaget terus tiba-tiba tanpa sengaja sengatnya kenain jari, yaudah raba-raba aja deh jadinya. Eh bete deh, tadi waktu disuruh cari 3 hewan itu pas didepan agak susah, pada ngumpet gitu hewannya, sekarang waktu udah duduk jelasin itu hewan yang udah kita dapet, banyak banget temennya yang dateng. Ada laba-laba, semut, jangkrik dengan berbagai ukuran, ada juga yang undur-undur gitu, bahasa indonesianya apa ya undur-undur? Terus temennya tawon juga dateng dan menguing diantara kita semua. Semua hewan yang kita dapet adalah insect, hewan avertebrata. Dapet tambahan informasi, yang sebelumnya cuma taunya dari buku, dari gambar, sekarang ngeliat dengan mata kepala sendiri itu rasanya woah banget. Kemana aja gue sebelumnya? Sering pergi ke tempat macam gini tapi ga pernah memperhatikan dengan seksama. Gila lu git ! udah selesai dapet pencerahan dari kakaknya setelah kita describe hewan tadi, kita semua disuruh tutup mata, termasuk ka darma. Kita disuruh ulurin tangan terus dikasih sesuatu yan agak dingin gimana gitu, kecil, terus disuruh makan. Sebenernya agak parno, tapi karena itu ga menggeliat, sugesti pertama adalah itu bukan cacing. Langsung makan, kunyah dan telan. Ternyata eh ternyata, kaya mie apa gitu. tapi bukan mie yang utuh terigu. Bentuknya kaya mie yang di tukang mie ayam yang kuning gitu kayanya. Soalnya kecil, terus lurus. Salah satu member kelompok pink ada yang histeris gitu. Tapi itu dimaklum, karena mata ditutup jadi dia punya sugesti yang lain. Kakak panitianya juga ga akan ngeracunin ini. Kalo mau ngeracunin mah pasti udah dari awal kita dateng. Peace ka :D karena teman saya ada yang lebay, jadi keceplosan deh. Maap ya ka, bercanda ko. Tujuan utama kesini kan untuk pengenalan, jadi ga mungkin bakalan kakak-kakaknya juga ngasih yang aneh-aneh gitu.

Lanjut, ada pos survival, pos lapangan. Ketemu sama ka riza sama ka Hani. Waktu masuk, kita dikasih teka-teki. Sempet kelebihan langkah. 3 clue, dan ada beberapa angka lain di masing-masing perintah. Waktu step 1 kita kelebihan langkah. Entah karena perintahnya blablabla langkah dari arah matahari terbit atau apa gitu waktu itu, tapi kalo dipikir-pikir lagi clue tadi emang beneran rasional sesuai jawaban. But, dari 3 clue tadi ada 3 yang bisa gue jawab dari kodenya. Dari awal gue udah curiga sama beberapa patok yang entah itu berfungsi atau engga, tapi mulai dari situ kecurigaan dimulai. Masuk pos, kita disuruh bongkar tas, keluarin semua barang bawaan. 2 orang dari kelompok keluar untuk pergi ke pos masak, 2 orang pergi untuk ke pos tenda. Sisanya, kita, di depan kakak-kakak ditanya mau ngapain. Habis blablabla, jadi tau gimana caranya dapetin air dari akar. Eh, bukan akar sih sebenernya, namanya teknik apa ya, adakah yang tau? Silakan dijawab, hehe. Ada nambah info lagi deh jadinya. Tapiiiiii, bekal minum kita, tumbler changmin gue kalo Sultika bilang, disita sama kakaknya. Hadeh, feeling berperan kuat hari itu. Untung botol 1,5 liternya ga ikut disita, tapi  malah dikasih ke kita untuk persediaan air. Emang iya, soalnya kan ada aliran air disepanjang jalan. Dan itu bisa diminum pula asal kita liat dulu aliran sebelumnya. Oke deh, pasrah. Tapi alhamdulillah cuma tumbler yang diambil. Udah, habis itu kita disuruh makan bawang putih. Satu bawang putih untuk semua. Udah kaya label tv -_- yang paling kasian itu ka darma, dia yang makan bawang putih pertama kali, dan itu harus dikunyah dan ga boleh ditelan sebelum kita anaknya makan semua. Ish, itu perih nyelekitnya pasti gimana gitu. Huwaaa, mian ya ka darma. Tapi disela-sela nunggu yang lain gigit itu bawang, ada aja hal jail. Belum disuruh nelen eh si Syella malah nelen duluan. Jadi makan 2 kali kan dia, haha. Udah puas makan bawang putih, kita dikasih entah salad atau apa namanya hasil karya 2 orang yang pergi masak, Shyfa sama siapa ya kemarin itu .-. *plak. Tapi pedes, sama aja, hiks. Saya tak suka pedas T-T udah puas kita makan bawang dan pedas, kita dikasih coki-coki sama kakaknya dan langsung turun jalan ke pos selanjutnya. Tapiiiiii, belum selesai. Dibawah ada ka Kunto dengan botol air yang berwarna putih susu. Ternyata eh ternyata, kayanya itu susu jahe. Lumayan lah untuk menghilangkan bau bawang yang super wah itu. After minum hasil karya ka Kunto, kita isi air untuk persediaan di jalan, habis itu kita caw ke pos selanjutnya.

Jalan lagi~ lanjut belajarnya. Kali ini, dikasih tau tumbuhan yang bisa dimakan. Ada satu tumbuhan waktu jalan yang mau ditanyain. Tapi karena letaknya yang agak menjorok turun, dan sekalinya ada lagi posisinya itu di dalem banget, jadinya ga jadi nanya deh. Bentuknya aneh, lucu, penasaran, dan yang jelas kayanya itu bukan salah satu Paku. Tapi yasudahlah, kita harus gerak cepat untuk sampe pos selanjutnya. Di pos selanjutnya ada pos Botani 1, kalo ga salah. Perintah di pintu masuknya suruh ambil satu Paku. Sontak langsung nyari Paku habis itu dijelasin sedikit sama ka darma dan langsung cus masuk ke dalam. Sampai di dalem ketemu kakaknya, kita salah instruksi. Disuruhnya paku bukan tumbuhan Paku. Dan pakunya itu ngegantung di pintu masuk. Dodolnya kita, itu paku ga keliatan juga sama kita. Padahal udah ada instruksi “perhatikan sekitar” di depan tadi -_- Ini jebakan banget deh pokoknya. Kita udah ambil paku sembarangan dan langsung dikomen sama kakaknya kenapa ambil tumbuhan paku, kan itu dilindungi. Hasemeleh banget lah. Tapi padahal juga si kakaknya juga ambil tumbuhan Paku buat contoh bahan yang akan dipelajari. Kata kakaknya masa kakaknya ga diomelin, kita diomelin kakaknya engga. Ya habis gimana, wong itu juga buat contoh belajar. Kalo ga ada contohnya masa mau ditunjuk satu-satu atau nyari dulu kesana-kemari sama kakaknya sama kita juga buat belajar. Yang ini namanya paku apa? yang mana yang paku jenis ini? ini jamur jenis apa ya? ini liken atau jamur? ini lumut atau liken? kan ga lucu. Saya mengerti kok ka. Kalo urusan salah menyalahi saya belum berpengalaman dan terpelajar. Yup, disini kita belajar tumbuhan. Kali ini Paku jadi ikon utama di pos ini. Karena, setiap ke gunung, hutan, yang pertama kali memberi sambutan kita adalah berbagai macam jenis Paku. Disini kita suruh ngelompokin sesuai dengan jenisnya. Ada satu yang menarik perhatian, harendong. Kaya talas, tapi kecil, batangnya warna merah, ada bulu atau sisik ya itu namanya, pokoknya kaya serabut gitu, tapi ga tegak, loyo gitu, cukup menarik perhatian. Dan itu bisa dimakan ternyata. Kalo karin sama ka darma bilang, “daebak!”, haha. Sesi terakhir, kita suruh tutup mata lagi. Tapi lupa kita disuruh makan apa waktu di situ. Maap, saya memang pelupa -_- *bentur diri ke pintu*.

Di pos selanjutnya, ada pos perairan. Habis bete sama yang namanya Paku, kita main air. Yeaaaaay~ !!!!! kita disuruh nyemplung duduk di air. Daaaaan, kasian lagi ka darmanya. Dia yang pertama kali disuruh duduk, tapiiiiii tempatnya lumayan agak menenggelamkan dirinya. Hoah, itu benar-benar. Kalo untuk secara pribadi, gue seneng mainan air, tapi liat ka darma, jadi ga jadi liar deh saya main air. Ada games lagi dong disini. Ngeluarin tutup botol yang ada di dalam pipa yang ada lubangnya juga. Saya frustasi disini karena saya lupa cara mainnya -_- ini dulu pernah mainan waktu diklat, tapi lupa caranya. Akhirnya, kita semua main basah-basahan karena saling guyur-mengguyur air. Lebih konyol lagi, ngambil airnya itu pake sepatu boots. Entah jadi bau apa kita saat itu -_- disitu kita dikasih liat planaria. Tapi sayangnya kecil. Dan sayangnya lagi, nampan yang ada planarianya itu tadi kayanya udah kena keguyur kita main pipa tadi. Kemungkinan planaria yang lain malah hanyut. Aduh jadi merasa bersalah. Maaf ya kakak yang udah ngumpulin planaria dan apapun yang ada di nampan itu sebelumnya. Lupa sejenak karena asik main, waktu muterin nampan, anita plus gue liat ka darma yang menggigil. Kita langsung cep diem seketika. Aduh kakaknya buruan ge, kasian anak orang kalo hipoterm. Dan harapan pun terkabul. Habis itu kita langsung naik. Asli tu si ka darma sampe menggigil. Dan, sepertinya ada bagian kakinya yang luka. Langsung deh buru-buru naik, nyari tempat panas yang bermatahari, plus sambil ngeluarin air dari sepatu boots. Jalan lagi naik, ketemu sama kakak medis. Akhirnya kita dikasih minum hanggat. Fuih, rasanya nyaman. Dan, tak lupa narsis sebentar. Hehe.

Lets move to the next place. Lanjut, pos Botani 2. Oh my wew, sepanjang jalan kita bahas dari pos ke pos sebelumnya. Entah apa yang ada di depan nanti tapi kita fokus sama makanan yang kita bawa. Dan yang perlu diketahui, jalannya itu turun. So traumatic pokoknya, dan langsung keinget agenda terakhir waktu di MAN. Dengan agak mengerutu gimana sambil mencoba tenang, karena posisi jalan gue waktu itu didepan, yaudahlah, stay cool aja. Tapi tetep aja rasanya udah campur aduk. Marfa yang jadi korban kepleset pertama, habis itu siapa gue lupa. Untung ga sampe kaya waktu itu. Curamnya itu loh yang ga nanggung. Tapi kalo dari hasil analisis, yang disini ga securam waktu jalan yang terakhir kali. Jadi masih bisa stay cool. Hampir sampe TKP, karena inget perintah dari ka Amel dan ka Yuli kalo jam 12 peserta suruh makan, jadi kita minta sama kakak yang jaga dipintu gerbang untuk makan siang. Ni ya, udah hari ke dua, kakak bagian konsumsinya jago banget masak deh. Walaupun buncisnya agak anyep gimana gitu tapi harap dimaklum lah. Kan masaknya dalam jumlah besar. Tapi ikan asinnya top jos ka. 4 jempol buat kakak konsumsi. Udah selesai makan kita lanjut deh. Salah lagi kita karena langsung masuk nyelonong. Ternyata dan ternyata lagi, di pintu masuk ada clue yang ga keliatan lagi -_- harusnya sampe depan tadi kita ucap salam dulu, nanya boleh masuk atau engga, barulah kita masuk. Tapi kita engga. Aduh mah, udah makan aja masih teledor -_- oya, ada kejadian yang cukup bikin ternganga kalo mendengar ini. Ditengah kita lagi bikin letter U kaya yang disuruh kakaknya, ada suara kruyukkruyuk dari sebelah gue. Ka darma. Sumpah itu nyaring banget. Entah yang lainnya denger atau engga, tapi ka darma tepat berdiri di tengah, sebelah kirinya gue, sebelah kanannya Marfa. Gue sama Marfa langsung liat-liatan. Itu antara mau nahan ketawa plus heboh, gue cuma gigit bibir doang. Ckckck, ka darma masih kurang nih kayanya. Mainannya masih sama kaya di botani satu, mengelompokkan sesuai jenis tanaman. Tapi -_- aduh gue kalo botani susah banget untuk ngikutin -____- *plak. Lemot akut deh. Tapi kalo disini jenis tanamannya udah tingkat tinggi. Yang akar, batang dan daunnya keliatan. Sama tanaman yang bisa dimakan. Disini di deskripsiin sama kakak mentornya. Di pos ini, kita makan rujak hasil olahan kakak mentor. Tapi lagi-lagi pedes L kenapa semua orang indonesia suka pedes lah T_T ya allah itu udah mau nangis, pedesnya itu loh. Seru, kakaknya malah banyak bercandain kita. Hadeh, di pos ini saya paling bingung pokoknya.

Jalan lagiiiiiii~ jalannya nambah ga enak, lebih turun pokoknya. Dag dig dug tu gue -_- lagunya pramuka yang mendaki gunung lewati lembah disini udah ga berlaku pokoknya. Setelah perjalanan turun yang panjang. Sampailah kita di curug, yang berarti pos terakhir. Setidaknya itulah prediksi pertama. Kita di pos Zoologi 2. Mainannya hewan vertebrata, 5 kelas, dan salah satunya adalah kelasnya jjomjjom, kura-kura gue :D mainan air lagi tapi kita. Sampe TKP kita disambit kakaknya untuk langsung nyemplung  duduk lagi. Tapi ga berapa lama suruh berdiri tutup mata. Alamak, feeling kembali muncul ke permukaan. Antara belut, katak, dan kodok. Tapi kalo kodok feelingnya ga terlalu besar. Nervous gimana gitu deh. Untung aja matanya ditutup slayer kebangsaan kelompok, muka jadi agak ketutupan juga. Coba kalo dibuka, udah diejek mungkin. Jurus stay cool coba untuk dikeluarkan. Tapi penasaran, huwaaaa !!! biasa, salah satu member ada yang teriak lebay alay gimana gitu. Kalo dibayangin geli sih. Tapi hilangkan sugesti itu. Tapi masih tetep aja kebayang walau sedikit -_- fuih, harus stay cool. Begitu sampai giliran aime, hoah, agak geli sih, tapi yasudahlah, udah di depan tangan juga. Mencoba meraba, pemikiran pertama langsung dapet, itu bukan belut. Yup, itu antara katak atau kodok. Dan, ternyata itu katak. Karena licin dan ukurannya kecil. Sempet pegang kakinya juga. Tapi untung ga gue remes tu kodok. Kepegang matanya juga kayanya. Takut. Untung ga kecolok matanya. Malah gue elus-elus. Kakaknya aja sampe bilang jangan di elus, nanti dia malah tidur. Haha, agak geli gimana gue denger kakaknya bilang gitu. Sumpah, mau ngakak saat itu juga. Wakakak. Udah selesai raba-rabaan, kita dikasih tau semua hewan vertebratanya. Dan, si kakaknya bawa marmut. Ingatan akan gue digigit sampe bolong itu langsung muncul ke permukaan terdalam .-. *plak. Ih tapi kasian sama ularnya. Kayanya dia stres gitu. Sampe lemes banget. Mau gendong jadi ga tega. Jadi cuma elus aja. Cepet sembuh ular~ :D lanjut games selanjutnya, baca pertanyaan di bawah air terjun. Kali ini 3 orang yang maju. Sekalian mandi juga sebenernya mereka. toh pasti akan basah dari ujung ke ujung. Turunnya bareng sama kelompok cabe, kita keren langsung jawab duluan. Udah selesai jawab dan ternyata benar, kita main basah-basahan lagi dong. Yeaaaay !!! udah puas, kita langsung turun untuk balik ke camp.

Sampe di bawah, kita di ambil lagi sama ka yuli. Kita ketemu sama kakak mentor lagi. Disini kita rileksasi. Main games lagi. Siapa cepat dia yang menang. Mainnya sama kelompok cabe lagi. kita saling unggul-mengungguli. Disaat kita lagi seru main, ada kelompok lain yang turun, akhirnya kita disuruh balik ke camp deh. Yasudahlah tidak apa-apa. Kita kembali ke camp untuk bersih-bersih badan setelah kemarin ga mandi. Senangnya akan mandi. Tapi hanya senang, bukan puas. Yang penting bisa bersih-bersih deh.

Selesai beres-beres, kita solat, balik lagi kumpul sama ka darma. Sharing lagi sambil nyelesain presentasi buat nanti malam. Seperti biasa, kalo udah ngumpul, ujungnya ga akan serius, tapi malah heboh. Emang nih, Trithemis aurora emang paling-paling deh pokoknya. Sampe maghrib kita diskusi, akhirnya lumayan dapet pencerahan. Kita solat maghrib sekalian di jamak sama isya. Selesai solat kita makan. Tapi, ka darmanya masa ga ada. Tadi kata meri ka darmanya kaya lagi mentoring gitu. Yaudah, jadi kita lebihin makannya untuk ka darma. Menjelang presentasi, ka darma dateng dan langsung ambil bagian makannya. Tapi setelah itu saya tak tau kelanjutan presentasinya karena saya dapet panggilan tugas untuk bantu cuci piring di saung dapur. Cus deh langsung ke sana. Begitu udah selesai nyuci piring, balik lagi ke pleton, pas bagian kelompok coklat yang presentasi. Karena waktu pergi pleton masih sepi, begitu balik lagi pleton ramai dengan kakak alumni dari berbagai angkatan. Alhasil gue duduk 2 baris lebih jauh dari kelompok. Dan, gue kebagian tugas lagi untuk bagiin camilan dan wedang jahe ke semua yang ada di pleton. Oke fine, itung-itung menghilangkan ngantuk. Habis kalo masuk pleton, lampunya itu loh, ngajak banget untuk tidur. Tapi bagian ga terenaknya adalah, wedang jahenya selalu balik ke gue dalam kedaan masih ada isinya. Harapan gue adalah isinya kosong teman-teman T_T tak taukah kalian saya yang jagain nampan? Udah kaya mau memuja apaan gitu gue duduk dibelakang sambil jaga nampan. Balikin jahenya itu yang ribet kalo masih berisi. Tangan saya hanya dua. Tidak taukah kalian? hasemeleh deh pokoknya malam itu.

Selesai presentasi jam 10. Kita dapet wejangan untuk suruh tidur dan perintah kalo rentang waktu jam 5-6 tenda harus udah rubuh dan rapih. Feeling ga enak mulai muncul. Kita pasti evaluasi. Pasti ada kesalahan lagi yang akan dibahas. Aduh kenyang banget sama kakaknya besok pasti disebutin satu-satu salah kita semua. Semangat aja deh gita ya ! yuk mari kita tidur. Lanjut besok paginya kita packing pulang.

No comments:

Post a Comment