Saturday, October 4, 2014

CABI 2014 #DAY 3

#Day 3

28 September 2014. Jam 3.30 kita dibangunin untuk Qiyamul lail lagi. Nah, kalo yang sekarang ini ga kepagian ka. Kalo yang malam sebelumnya itu sangat kedini harian sekali. Sampe terkantuk-kantuk. Masih dalam surat yang sama, tapi karena kemarin udah pernah denger jadi mau lama kaya apa juga udah ga kaget lagi. Udah selesai, baca Qur’an sebentar terus langsung subuh. Selesai solat subuh, kita lanjut packing. Muat-muatin yang bisa dimuatin, dan langsung rubuhin tenda. Mendirikan dengan merubuhkan lebih cepat merubuhkan. Yaiyalah git, ngaco aja lu ! sebelum jam 6 tenda kita sudah rubuh, sudah rapih, dan parit sudah tertutup. Habis itu sarapan deh. Ada episode nambah juga sarapan pagi itu. Habis sarapan, tinggal yang bolak-balik kamar mandi plus yang lagi ganti yang belum balik. Oke, sambil menunggu panggilan kembali, kita beresin pleton. Perintahnya baru suruh buka pintunya, bersihin dalemnya, sama tutup paritnya. Oke, sebagian ke pleton, sebagian kita operasi semut. Ga berapa lama ada panggilan untuk ketua kelompok. Ada instruksi kalo kita ga boleh baris dijalanan menurun. Aduh gue harus udah siap mental diomelin nih. Ga lama kemudian lagi, sirini bunyi. Kita semua seperti biasa rebutan jalan. Berbaris, dan karena masih ada yang telat makanya kita push up lagi.

Evaluasi dimulai. Pertama dari kakak panitia. Seperti biasa satu per satu kesalahan kita disebutin. Walaupun kelompok kita sepertinya sudah lengkap, tapi tidak memungkin juga untuk terjadi cacat disalah satu peralatan. Oke fix, siap terima. Sampe kakak korrdinator masing-msing seksi di panggil sama ka Joe, yang waktu itu evaluasi kita, agak dag dig dug juga kalo dikelompok ada salah satu barang yang cacat. Sampai diakhir, barang dari kelompok kita ga ada yang dikeluarin agak cukup lega. Tapi kembali lagi sama kesalahan yang udah dibuat.

Yang kedua sama kakak mentor. Ini masalah individu dan kelompok, terutama etika. Oke, menurut evaluasi pribadi, hampir diseluruh pos menurut gue banyak salah waktu mau masuk akan bertamu. Fuih, itu keren banget evaluasinya. Langsung kena nampol banget dibagian yang kedua ini. Tapi lagi-lagi, masih banyak yang dibahas. Tapi setidaknya, untuk pribadi gue terutama sama kelompok juga, masalah etika ini setidaknya hanya 10 persen cacat pada kita. Karena rata-rata salahnya sama, di saat akan bertamunya. Kalo untuk selama materi di posnya, kita cukup memperhatikan kakaknya, cukup ikut partisipasi juga.

Yang ketiga, evaluasi keseluruhan. Dari situ, diangkatan tahun ini ada 7 poin dari keseluruhan evaluasi hari itu. Dan itu harus dirubah dengan segera. Aware, etika, dan disiplin yang jadi pion utama buat gue. Kalo masalah kekompakan, dari sejak pra-MPA, biologi tahun ini cukup kompak tapi terlalu rame menurut gue. Tapi itulah yang jadi ciri khas sebenernya, walaupun itu adalah yang berlebihan kalo menurut gue. Bukannya tidak suka atau tidak solid, tapi kehebohan yang ada di biologi tahun ini menurut gue itu engga banget. Sulit kalo mau beropini juga. Untuk masalah ini saya masih menyesuaikan.

Selesai evaluasi, seperti biasa kita maaf-maafan. Karena saya sudah kenyang dengan semua kesalahan kita di acara ini, saatnya kita maaf-maafan sama kakaknya. Main basah-basahan lagi kita karena diguyur sama kakaknya. Aih, tapi kakaknya baik, kita di kasih tumbler sama kakaknya. Terima kasih kakak untuk tumblernya J habis itu kita sesi foto bareng, lalu habis itu per kelompok. Best momen banget lah. But, all of the best moment itu dari hari pertama sampai terakhir di sana. Dari mulai tracking pertama sampai evaluasi ini. I’ll be always remember this, I swear.

Segitu aja lah ya. Ga mau cerita kalo di tronton mah. Nyeseknya ga nahan. Sumfeh ga bisa napas kalo udah di dalem tronton. Okrey, 3 hari itu bener-bener buat memori baru. Tracking yang bawa beban sampai mandi di air curug itu rasanya, woaaah banget. Ga bisa diomongin pokoknya. Terima kasih kakak-kakak panitianya, terima kasih untuk acaranya, terima kasih kakak mentor untuk tambahan ilmunya. Walupun saya sangat tidak suka dengan paku, tapi karena disana banyak paku jadi saya sedikit memahami perasaan paku. Terima kasih terutama buat Trithemis aurora yang udah mau terima saya, udah mau jadi keluarga baru saya, nanti kalo ada acara seperti ini lagi semoga satu kelompok lagi .-. *plak. Itu pun kalo kalian mau lagi ._. *lempar tronton*. Buat ka darma juga, terima kasih udah mau jadi pembimbing di Trithemis aurora, udah mau nahan perihnya makan bawang putih, nyebur di pos perairan sampe menggigil kedinginan, dirusuhin sama kita-kita yang bawel. Mian kalo banyak nyusahin, kalo keterlaluan heboh, kalo rem hebohnya lagi blong, kalo susah diatur, terima kasih pokoknya. Terima kasih juga waktu kaki aku kram udah bantu cariin minyak tawonnya. Terima kasih terima kasih, terima kasih semuanya~ *bungkuk ala orang jepang*

That's all I want to share to you all. Kalo ga ngantuk bakal sekalian sedikit sharing tentang nama kelompok. Atau engga nanti kapan-kapan. Nunggu hasil penelitian lebih lanjut lagi. Soalnya bahan yang saya dapet ga cukup untuk describe secara keseluruhan. Cuma sekilas info aja. Okrey, danke udah mau dengerin bawelan saya lagi. Happy weekend, dan Selamat Hari Raya Idul Adha juga :)

No comments:

Post a Comment