Sunday, September 7, 2014

Full Day

Ini rangkuman singkat aja selama MPA UNJ kemarin. Ga mau bongkar terlalu jauh soalnya typo juga nih efek udah malem dan baru diposting :D maklumlah, I’m tired so much cause yesterday is ceremonial closing of MPA UNJ. Dan gue juga baru pulang ke kosan sekitar jam setengah enam karena ada acara beli lauk dulu. Soalnya gue sama Ari, temen baru di Biologi UNJ, dan satu kosan tapi beda kamar sama gue, itu lapernya ga nahan. Dia aja pulang langsung masuk kamar taro tas terus cuci kaki plus tangan habis itu langsung ambil piring. Dan makannya pun kilat banget dari gue. Padahal gue buka nasi duluan. Hadeh udah jangan ngomongin kondisi anak kosan !

Tanggal 28 Agustus, kita briefing MPA. Apa aja yang udah siap tugasnya dan ada tambahan penugasan juga. Tapi ya gitu, ujungnya juga ikhlas ko, itu beneran dan ga pake kata terpaksa dan harusnya ikhlas. Itu ikhlas murni. Itu aseli sampe sore broh. Sebelumnya gue masih nyontek acara sama Puji. Soalnya Puji briefingnya sehari sebelum gue. Dan itu dia pulang pun hampir maghrib. Loh kalo gue gimana? Gue pulang jam setengah 5 tapi ada acara ngetem buat ambil slayer sama emblem. Dan itu butuh waktu sampe mau maghrib. So, itu menyebalkan. Udah capek, laper, lengket, bau, kebelet mandi dan lain sebagainya, ditambah dibikin bete, emosi , kesel, dan sebangsa setanah airnya. Gimana tu rasanya? Kalo sepatu pantofel gue gede mah udah gue sumpelin ke mulut mereka pada.

Tanggal 29 Agustus, hari openening MPA. Acara dibuka sama Rektor kita. Dan lebih senengnya lagi, ketua BEM UNJ ngasih sambutan sama kita, terutama gue yang ada didalemnya sambutan selamat datang. Jarang kan bisa ngeliat itu kakak. Kan kita beda kampus mas bro. Tapi saya masih dateng ke kampus A ko ka semester 1 ini. Habis itu dari semua fakultas menampilkan lagu angkatan dan yel-yel terbaik mereka. Itu totalitas perjuangan banget lah buat anak FMIPA. Seperti biasa, perbandingan rasio dan quota jenis berbeda sangat sangat mencengangkan. Gue, yang notabenenya perempuan tapi ga tulen banget ini, harus mengeluarkan suara super buat FMIPA menggelegar di arena perang. Dan, lebih sumpeknya lagi adalah, yaaah tau lah anak perempuan, suara cemprengnya pasti jadi pada keluar. Mau diumpetin di bawah gunung juga pasti pada ketauan. Alhasil entah apa yang terjadi, tapi kata kaka panitia suara kita semua terdengar cukup sampai titik dimana ia lagi di sana. Dan itu entah cuma sekedar menghibur atau gimana tapi yaaaah, cukup lah dengan sampai suara gue yang akhirnya ilang ini. Dan sebelum acara selesai, ada hiburan dari UKM, tari dari beberapa daerah sama tari kontemporer hasil modifikasi beberapa gerakan. Oya, ada kakak Padus juga yang waktu itu ikut berpartisipasi di HUT RI beberapa waktu lalu. Keren deh. Sampe merinding denger mereka nyanyi.

Yang ini belum terlalu menggelegar suasananya. Dateng, check piont, evaluasi. Dan masalah klasik yang masih sama yang dibahas kakak-kakak panitianya. Gue cukup manggut mengerti. Because, itu udah diajarin sama kakak tercinta waktu di MAN. So, just  enough for understand the problem. Gue hanya nurutin tu perintah, laksanakan tugas walaupun agak ngebandel dikit deh karena ga bisa mikir kesempatan waktu yang tepatnya gimana. Tapi itu bagian dari evaluasi diri juga. Applause buat kakak panitia di hari opening pertama ^^

Tanggal 2 September, hari pertama MPA (Fakultas). Itu seharian menggerus peluh, tenaga, kantuk, termasuk yang paling penting adalah “pantat”. Why? Yaiyalah kita seharian duduk di Gedung Serba Guna Kambus B UNJ. Aduh itu bokong udah ga tau rasanya kaya gimana. Gue yang punya pantat sepasang aja dari pagi udah duduk ga bisa diem. Kaki kegajahan sama kram aja ga ada yang tau, cukup kaki gue yang merasakan. Disini baru terasa MPAnya. Kalo acara pengenalan kampus ga ada jutek-jutekan atau marah-marahan atau kesel-keselan sama panitia mah bukan pengenalan namanya. Disini juga ada. Tapi ga terlalu beda jauh sama pertama kali gue di MOS. Dan, karena gue udah tau triknya jadi berhasilah gue menghadapi atau malah mungkin menghindari hari pertama MPA dengan cukup baik. Walaupun, gue anaknya lupaan. Hehe. Hari pertama kita dikenalin sama birokrasi kampus, dari mulai struktur, dan segala macam didalamnya. Kita juga dikenalin sama OPMAWA dan ORMAWA, tapi cuma dalam lingkup fakultas. Yaaa, lumayanlah. Habis itu ada talkshow sama MAPRES a.k.a Mahasiswa Berprestasi. Cukup termotivasi juga. Tapi gue udah punya planning waktu masuk ke kampus ini, dan itu sama kaya Ka Gia salah satu Mapres yang menjadi pengisi acara waktu itu. Adaptasi, mulai unjuk gigi, unjuk taring dan berprestasi, pertahankan prestasi. Dengan waktu yang cukup, gue rasa yakin bisa asal masih tetap sama satu landasannya, mengatur waktu sebaik mungkin. Tapi kakak panitianya, kereeeen ^^

Tanggal 3 September hari kedua MPA (Jurusan). Tapi tetep bu, pagi petang dari fakultas dulu baru diserahin ke jurusan. Karena ini masuknya ke jurusan, jadi dikenalin deh tu yang ada di jurusan. Dan masih sama, menggerus “pantat” adalah hal pertama yang bakal gue sebutin sebelumnya kaya yang diatas tadi gue bilang. Dan, ada hal-hal yang ga seharusnya gue ceritain disini. Karena ini menjerumus ke jurusan, jadi cukup kita sebut “Secret of Ari’s Room”. Hari kedua kita dicekokin seputar jurusan, apa aja kegiatan yang ada di jurusan, dan yang ga ketinggalan yaitu birokrasi dari jurusannya juga. Dari Dekan sampai ke Dosen, semua berjejer jadi panjang. Kita juga dikenalin sama kelompok studi yang ada di biologi lebih jauh lagi. Gue berniat masuk CMC Acropora. Karena gue cinta laut, jadi mau nyoba deh tu. Tapi yang lain juga ga kalah bagusnya. Aduh jadi bingung mau pilih yang mana  T_T *lebay deh lu git *plak. Sudah sudah, hentikan !

Pastinya, masih dalam kondisi yang sama. Kalo ga ada nyebelin, bete, kaka muka jutek dan lain sebagainya, bukan Pengenalan namanya. Lagi-lagi masih sama. Tapi karena itu hari terahir, jadi pastilah ada drama yang akan terjadi. Tapi tidak dapat dipungkiri saya pun ikutan sedih pas waktu kakak pendampingnya ga mau nurutin anak-anaknya yang muti-muti ini. Aduh Ka Gilang, kau membuatku menangis seperti anak kecil. Nanti aku dimarahin sama kaka panitianya, “kalian itu MAHAsiswa, bukan MASIH siswa” gitu. Huft ! Tapi yang lebih ngebtein itu yang waktu evaluasi Fakultasnya, setelah dari jurusan. Padahal gue mau membandingkan, eh malah tumbang. Huwaaa, boleh diualang ga bagian evaluasi Fakultasnya aja T-T aku syedih nih ga ngerasain. Segala tumbang sih gue, ish ! Aaaaa, mana Ka Muti sama panitia yang ada di UKS bilang itu mah drama banget. Penasaraaaaan mba mas bro ! Tapi yasudahlah, resiko. Makan ga teratur sih jadinya tumbang deh. Ditambah waktu tidurnya ga dijaga. Jatuhlah saya deh. Pengalaman~

Tapi baik lu kakak tim kedisiplinannya, gue dianter sampe area steril pas waktu tumbang dihari kedua itu. Dan itu situasi udah mau maghrib. Aih, top jos deh buat kakanya itu. Tapi ga tau namanya T-T Pas Closing juga sama dibaikin terus lu guanya. Ahay deuh, jadi merasa MASIH siswa lagi kan ane. Tapi, makasih ya kakak no name :)

Tanggal 6 September kita Closing MPA. Yang dateng PR 3, bukan Rektornya. Gantian mungkin ya. yasudahlah. Kita udah temenan beneran tu sama kakak panitianya. Tapi si yang “Secret of Ari’s Room” itu bentuk mukanya masih belum berubah. Yasudahlah jangan dilanjutkan. Pagi kita biasa jam 5 on time di tempat. Kirain bakalan ke Lapangan Velodrome yang kemarin, ternyata di GSG. Udah gitu FMIPA dapet di luar maneh. Nguras suara gue lagi itu. Belum sampe rumah aja udah batuk-batuk dan suara mulai menghilang. Tapi masih suara seksi ala sandi sandoro gitu. Bedanya gue serak berair, bukan serak becek. Dan, menggerus “pantat” lagi. Kalo pantat gue keju atau coklat mah udah habis mungkin ya di serut diparutan keju .-. nah, sama tu rasanya pantat gue sama apa yang dirasain keju sama coklat tadi. Nyeuuh pake abis banget.

Hari itu kita ditunjukin semua ORMAWA yang ada di UNJ. Mulai dari broadcast sampe ke yang kelompok agama gitu. Tertarik semua, tapi masih inget prinsip, tahun atau semester pertama malahan kalo bisa, mau adaptasi dulu. Masih belajar mengatur waktu. Kecuali gue tidur di kampus tu, baru deh ga khawatir terlalu banyak .-. *plak. Seru, tapi sempet bikin kaka panitia kesel karena kita susah diatur. Gue cukup menikmati pemandangan yang keliatannya ga seberapa itu dengan nyaman. Lagian kalo gue bangun, berdiri, terus duduk lagi, kasian pantat gue. Mending duduk sekalian. Biar pantatnya sekalian ngerasain sakitnya. Kalo setengah-setengah nanti dia susah adaptasi lagi. Seru deh pokoknya. Kalo ditulis semua nanti ketauan serunya. Cukup berbagi sedikit dulu seputar rangkaian acaranya. Nanti kalo gue dipanggil sama BEM ada tulisan yang mengandung unsur sara atau menyinggung atau dan lain sebagainya terus disidang kan gawat. Pengisi acaranya lumayan ngeri. Ada Laksamana 3, Narji, sama siapa lagi ya, lupa. Pokoknya banyak deh tetua alumni UNJ. Sekarang masih dengan predikat cukup bangga bisa jadi salah satu mahasiswa UNJ karena masih dalam tahap adaptasi. Mungin beberapa waktu kedepan akan lebih merasa bangga.

Oya, waktu penutupan, anggota dari BEM yang ada di UNJ, semuanya melebur jadi satu di dalem GSG, termasuk seluruh Biro yang ada didalamnya. Aseli ga pake bohong itu mah merinding gila. Dan masih dalam pimpinan yang sama, Ka Reza Indrawan selaku Ketua BEM UNJ sama ka Pradipta selaku Wakil ketua. Itu cukup denger dari luar, sambil ngintip ke layar aja merindingnya pake gila. Gimana kalo gue di dalem ya? Terutama, ditambah lagi waktu semua nyanyi Totalitas Perjuangan, itu ga pake bohong merindingnya ga nahan. Berasa beneran ada di dalam lingkup pemerintahan yang sebenarnya. Pokoknya yang waktu pengenalan OPMAWAnya itu  merinding sadis ga nahan. Salut deh buat kakak-kakak yang ada didalamnya. Gue emang masih belum punya niatan untuk masuk badan eksekutif maupun legislatif, tapi yakin suatu saat gue akan berkeinginan ada disana.

Huwaaaaa, seru deh pokoknya. Kalo diceritain semuanya nanti gue ga bisa berbagi cerita dan pengalaman MPA di UNJ sama temen-temen tercinta gue. Kan kalau sambil ngobrol lebih enak, hehe. Ppai ppai teman-teman. Pantengin next posting ya~ (^-^)/

No comments:

Post a Comment