Sunday, September 7, 2014

Testimoni MPA

Halo halo saya kembali lagi. Sedikit testimoni nih tentang MPA kemarin. Di simak ya walaupun nanti ujungnya jadi ga jelas, hehe :D

MPA, Masa Pengenalan Akademik. Ga beda jauh sama waktu MOS di MAN. Bedanya disini lebih spektakuler. Kenal sama banyak temen baru dari FMIPA, dari Jurusan. Walau belum sampe setengahnya, tapi beberapa ada yang udah inget nama dan mukanya. Apalagi panitia, ga semuanya saya kenal namanya, tapi masih coba untuk mencari tahu, dan beberapa juga udah ada yang saya kenal. Banyak materi baru yang didapat dari MPA kali ini. Dari yang awalnya hanya browsing sendiri, tanpa terlalu paham apa itu ini dan itu, sekarang menjadi lebih paham. Organisasi apa yang di dalamnya, kegiatan apa saja yang hendak saya ikuti nanti dimasa perkuliahan, itu cukup membantu saya untuk menentukan pilihan. Masa ini benar-benar pengenalan menurut saya.

Walaupun sebenarnya menurut saya jadwal acaranya kurang efektif, yang seharusnya materi tersebut sangat penting, walau semuanya penting, tapi hanya dijelaskan garis besarnya saja, namun itu cukup untuk memberikan gambaran mengenai perkuliahan nanti. Tanpa sebelumnya tau tentang KRS, Siakad, bagaimana mengisi KRS, tentang Biro yang ada di dalamnya seperti BAAK, Pustikom dan lain sebagainya, sekarang jadi lebih mengenal fungsi mereka masing-masing. Disiplin dan teratur merupakan hal terbesar dalam MPA kali ini menurut saya. Pembelajaran mengenai disiplin waktulah yang masih akan saya pelajari kedepannya. Selama MPA kemarin, management waktu saya kurang baik. Walaupun sudah berhasil untuk setiap harinya datang lebih awal, tapi dalam beberapa agenda masih ada yang kurang baik dalam management waktu.

Disini saya juga baru mengenal apa itu PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Diajarkan tentang apa itu PKM dan yang terdapat didalamnya. Serta, PKM ini punya acara puncaknya tersendiri yaitu PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) *kalo ga salah juga. Tahun ini, FMIPA mentargetkan sekitar 150 PKM untuk dikirimkan mengikuti perlombaan. Selain itu, saya jadi lebih gemar untuk berdiskusi, terutama saat agenda mentoring. Itu membantu saya dalam kegiatan rohani. Banyak masukan dan pembelajaran dalam mentoring selama MPA kemarin. Semoga kedepannya membuat benteng keimanan dan ketaqwaan saya lebih luas dan tebal.

Selain itu, kapan lagi saya bisa duduk membuat lingkaran besar bersama teman-teman Fakultas MIPA untuk berkenalan, memecahkan soal untuk perlengkapan MPA, meminta biodata serta tanda tangan mereka, membuat yel-yel dan lagu angkatan, berfoto bersama satu angkatan, membentuk kekompakan. Saat MPA UNJ inilah saya dapatkan. Ini merupakan awal menuju perkuliahan yang sangat berkesan untuk saya.

Awal ini, kita semua berdiri bersama kurang lebih 550 mahasiswa dari Fakultas MIPA. 4 tahun yang akan datang, kita akan kembali lagi berdiri bersama, berdiri sebagai mahasiswa FMIPA yang memakai toga yang sama dengan tujuan yang sama pula. MPA FMIPA 2014, Spektakuler, Inovatif, Kreatif.

Terima kasih kepada seluruh panitia MPAF UNJ 2014 dan juga MPAJ 2014 atas segala sumbangsih, bimbingan dan pelajarannya untuk membuat kami, terutama saya menjadi mahasiswa yang sesungguhnya. Walaupun sebenarnya saya pun masih dalam proses belajar dan memperbaiki diri lagi. Semoga tahun depan kami dapat melanjutkan perjuangan kalian untuk dapat mendidik serta membentuk karakter mahasiswa sejati UNJ.

Gita Anggraheni M – Pendidikan Biologi 2014

No comments:

Post a Comment