Sunday, June 15, 2014

Curhat Semut dan Koala

Beberapa lama ini gue selalu dimintain saran, pendapat, and whatever sejenisnya. Entahlah, berasa jadi senior gue jadinya. Tapi sudahlah, itu baik juga ko buat gue. Jadi gue bisa melihat sampai mana batas kemampuan gue memecahkan masalah, terutama pada diri gue. Mulai dari pemilihan universitas, pemilihan jurusan, pertanyaan seputar kehidupan pribadi, sampe cinta gua dengerin. Tapi khusus buat yang terakhir itu cuma beberapa aja yang gue dengerin. Sisanya masuk kuping kanan dan mental balik keluar.

Yang diceritain itu kalo ga gebetan otomatis ya pacarnya. Tapi entah kenapa permasalahan mereka hampir semua sama. Kalo yang punya pacar, bilangnya pacarnya ga perhatian lah, apalah. Kalo gebetan, bilangnya ga peka banget sih, ini lah itu lah, macem-macem deh pokoknya. Kadang suka geli sendiri gue dengernya juga.

Sharing sedikit aja nih ya. Karena gue LDR jadi entah kalian bisa paham atau engga. Semua permasalahan itu asalnya ga cuma dari satu sisi, dari sisi lain pun banyak. Contoh yang pemilihan univ. Permasalahan yang selalu diomongin pertama pasti dari  pihak orang tua yang ga setuju dan ngelarang anaknya buat kuliah. Sekarang kalian jangan mikir dari sisi kalian sendiri, coba sedikit pahami dari sisi orang tua, coba pahami dari sisi lingkung, dari sisi kedepannya kalo kalian kuliah, dan yang paling sensitif yaitu dari sisi ekonomi. Banyak faktor yang mempengaruhi kalimat dan pernyataan “gue ga dibolehin kuliah sama ortu” atau “gue ga di izinin kuliah ke luar daerah” atau “ortu gue nyuruh gue milih prodi ini tapi gue ga suka, gue lebih suka sama prodi itu”. Jangan selalu mempermasalahkan sebuah masalah atau menyalahkan pihak yang bersangkutan. Coba terka sendiri dari sisi lain. Inisiatif bukan hanya dibutuhkan pada saat terdesak saja, tapi setiap waktu bahkan setiap detik kita butuh dan harus punya inisiatif. Sama kaya masalah pacar-pacar mereka. Jangan cuma liat dari sisi kalian yang pada curhat atau nyepam status di sosmed yang ga mutu itu.

Salah satu tokohnya sebut aja si perempuan koala dan si laki-laki semut. Si koala baru aja jadian nih ceritanya. Nah isi dari curhatnya itu si semut kurang perhatian. Setiap hari si koala update status mulu yang setau gue cuma di pesbuk, entah kalo ditempat lain deh. Usut punya usut ternyata gue baru tau kalo gue juga kenal sama si semut. Ya otomatis gue jadi lebih memahami situasi. Si koala selalu bilang kalo si semut itu sibuk terus, gini terus, gitu terus, kurang perhatian, dan lain sebagainya. Oke, kita lompati aja isi pertanyaannya. Orang sini tu kalo pacaran isi story tellingnya rata semua, sama semua. Beda sama ujian nasional, yang soalnya sampe 20 paket lebih dengan tingkat kesulitan diatas rata-rata semua *lah, jadi curhat? .-.* satu persatu gue jawab dengan tenang dan sabar. Kalian yang udah cukup kenal gue mungkin udah ngerti kalo gue itu orangnya sewotan, ga sabaran kalo orang curhat pacar dan geregetan pake bingit. Tapi apa? udah gue kasih masukan juga sama aja, masuk lubang idung kanan keluar lobang idung kiri -_- cukup sabar aja. Porsi sabar gue masih banyak ko~

Oke, gue jadi curhat nih ceritanya. LDR hampir 2 tahun itu rasanya gimana ya? pokoknya gitu deh, tapi entah kenapa gue seneng dan baik-baik aja. Beda sama orang yang sering gua liatin teel atau statusnya yang sering menggalau. Yang pacarnya deket aja ngegalau, gimana yang LDR? Pasti galaunya beda level. Tapi itu ga berlaku buat gue. Sempet ditinggal pergi ke dunia dan alam yang beda sama orang istimewa itu udah cukup sedikit buat mata gue melotot untuk lebih liat ke arah dan jalan yang lurus dan plus bagus. Ini cuma pendapat ya, kalo bagus untuk saran juga alhamdulillah atuh. Belajar dari temen juga, kalo kita pacaran itu berarti kalian udah buat komitmen. Walaupun ga seserius sampe ke tahap yang lebih jauh lagi, setidaknya untuk kenal dan jadi orang istimewa aja itu juga namanya komitmen. Ngapain kalian pacaran kalo tiap hari update status galau terus, bilang ga perhatian, ga ini ga itu dll, huh? Kata perhatian itu emang harus sayang-sayangan, ngasih tau makan, ngingetin solat, de el el? Sama kaya persoalan diatas, jangan cuma dari satu sisi. Ini cuma ngerti kalo pacarnya lagi kerja doang, yang pacarnya nganggur? Emang harus tiap waktu perhatian? Emang isi di otaknya cuma lu doang? Engga juga lagi. Mau dia kerja atau engga coba liat dari sisi yang beda juga. Jangan tamak dan rakus sama benda yang bernyawa itu. yang udah jadi suami istri juga emang tiap hari selalu mikirin satu sama lain? Engga kan? adakalanya mereka juga memikirkan diri sendiri, tapi mereka bukan tamak atau rakus,melainkan karena profesi dan karena mereka adalah wanita atau mereka adalah laki-laki. Ada saat-saat tertentu dimana mereka memikirkan pasangan mereka.

Nah kalo kalian pada. Muhrim bukan apa bukan, udah bikin ribet, bikin galau, bikin ngerasa ga enak, bikin ngatur anak orang aja. Kalian kan juga punya kehidupan masing-masing. Ya coba pikirin “oiya cowo gue kan kerja”, “oiya dia kan lagi belajar”, “oiya dia kan gini gini”. Nanti kalo udah diperhatiin dibilangnya terlalu perhatian, dibilangnya ngekang, inilah itulah, serba salah jadinya. Sebenernya maunya gimana? Perhatiannya jarang dibilangnya ga sayang, ga peka. Terlalu perhatian bilangnya gitu. Kalo gue udah ga sabaran mah gue pasti langsung bilang gausah hidup lu ! Buat gue pribadi, karena gue termasuk dalam gender wanita, mereka kaum pria juga pasti punya kesibukannya masing-masing, sekalipun dia dia tidak bekerja alias lagi nganggur. Kalian sehari minimal di sms berapa kali sama pacarnya? Ditelpon berapa kali? Coba tanya gue! Panda gue dalam satu bulan kadang bisa kehitung jari kalo sms atau telpon. Dalam satu tahun kalian bisa ketemuan berapa kali? Coba tanya gue ! Kalo bisa pulang, satu tahun gue cuma bisa ketemu paling lama satu minggu. Tapi, sampai sekarang gue masih baik-baik aja sama panda gue. Entahlah, tapi sejak awal kita buat komitmen kita pacaran kita sahabatan kita temenan. Dan itu bertahan sampe sekarang. kita pahamin kesibukan masing-masing, kita pahamin situasi masing-masing, yang memang seharusnya kita lakukan masing-masing ya kita pahami untuk lakukan masing-masing. Perhatian ga sekedar sayang, mengerti situasi dan keadaan sekitar juga disebut perhatian. Sengerti gue dari temen dan termasuk gue sendiri, mereka tu pacaran sama kalian buat jadi temen deket tapi yang spesial. Kenapa gue bilang temen deket, karena kalo disebut pacar itu adanya setelah menikah kalo dalam Islam. Temen deket tapi spesial, itu kalo menurut gue. Si doi buat komitmen dasar awalnya adalah itu. Kenapa? Karena mereka berharap sama seperti yang lainnya, ada yang merhatiin, ada yang kasih semangat, ada yang kasih nasehat, ada yang ngajarin dan saling belajar, dan masih banyak yang lainnya. Tapi, tentunya pada saat yang tepat juga. Kalo kaliannya terlalu berlebihan, otomatis si doi bakalan langsung punya pendapat yang ga bagus dan itulah alasan yang biasanya kalian sebut “putus”.

Si doi juga punya kehidupannya sendiri. Mereka punya temen, punya saudara, punya orang tua. Mereka juga mau ngobrol, mau sharing, mau bercanda sama temen-temennya. Memang, kalian sekarang juga termasuk temen deketnya tapi yang spesial, tapi tetep aja si doi juga butuh ruang supaya hubungan dengan sesama mereka tetep jalan. Kalau terus fokus sama kalian nanti dibilangnya si doi ngekang, begitu juga sebaliknya kan? Kalian itu kenapa ga standart aja sih. Masalah ini cuma ga butuh bobot sampe 1% dari pikiran, hati, emosi, perasaan. Malahan kalo semuanya dicampur jadi satu, itu hasilnya juga masih ga sampe 1 % ko.

Sekarang intinya adalah, ngapain kalian mutusin buat komitmen pacaran kalo kerjaannya selalu galau? Kenapa ga dari awal cuma temenan aja? Siapa yang nyuruh kalian buat pacaran? Kalo diajak pacaran kenapa langsung mau? Emang kalian hewan? Maaf kalo kasar tapi kalo liat keadaan sekarang memang begitulah kenyataannya. Dari setiap sudut yang saya lihat dan alami sendiri. Mereka buat komitmen untuk pacaran itu memang untuk jadi teman. Tetapi teman yang istimewa. Istimewa disini bukan artinya segalanya dilebihkan hanya pada kalian. Porsinya tetap sama namun ada kalanya sesuatu yang tadinya biasa itu jika si pasangan yang mengucapkannya atau melakukannya menjadi sedikit lebih istimewa. Sebenarnya porsinya sama saja, hanya ADA KALANYA SAJA berbeda, yakni menjadi lebih istimewa. Kalau kalian masih beranggapan pasangan kalian ga perhatian, coba lihat lagi, pikirin lagi, pahamin lagi. Jangan ngejudge anak orang sembarangan. Dikira dia mainan plastik. Bahkan mainan plastik pun punya arti di dunia ini. Yang jelas, kalau kalian udah buat komitmen sama seseorang, pastikan kalian udah berpikir kedepannya. Setiap komitmen yang udah dibuat pasti akan ada akibatnya. Makanya, jangan sembarangan ambil keputusan. Pokoknya gitu deh. Kalo diceritain tu susah. Mendingan ngobrol langsung, hehe. Biar habis kalian gue unek-unekin. Udah ah, jadi terbawa perasaan kan~

Udah ah, jangan tersinggung ya. Ini cuma pendapat loh. Kalo mau diceritain lagi bisa hubungi saya di nomer dibawah ini *dikira kuis kali -_-* haha. Maaf kalo ada kata yang menyinggung. See ya on next posting. Babai~ Ciaooo~

No comments:

Post a Comment