Sunday, June 15, 2014

Speechless, Happy, Dreaming?

Hi, guys ! We’re meet again in antoher month. Ya, of course.  Like an usually. I’ll tell about last month and others thing that make me so crazy.

Firts, tanggal 27th May adalah penentuan hidup dan matinya, cerah dan suramnya masa depan gue. Dan akhirnya setelah menggalau beberapa hari dan malam sampe mata panda gue keluar, akhirnya pengumuman itu keluar. Gue diterima disalah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta jurusan Pendidikan Biologi. Ya ampun ya, nunggunya tu dari satu minggu sebelumnya. Sampe rumor pengumuman diundur dan lain sebagainya itu yang bikin tambah galau, tapi akhirnya engga dan itu rasanya gimanaaaa gitu -_- Apalagi semalem sebelum pengumuman. Banyak banget mention, sms, path, sampe ada orang samarinda yang mungkin entah salah kirim email atau dia mau nyebar pertanyaannya itu di email masuk sampe ke 2 email gue. Hadeh, pusing aku~

Itu tu ya ampun ga seberapa dibanding nunggu pengumuman UN. Tapi infonya yang bikin galau itu yang bikin stress. Sudahlah, lupakan hal itu. Pas hari-H masih ada aja yang nanya, ga pada gue bales aja. Habis punya handphone, pulsa, tv, sosmed, apa gunanya tau. Malesin kalo ngeladenin orang begituan mah kan. Untuk sesaat gue lupa kalo hari itu adalah pengumuman SNMPTN. Pas lagi asik-asik online twitter, tiba-tiba si Ndut ngetweet hasil SNMPTN dia. Gua langsung kaget, berasa bangun dari mimpi indah pake ditabok sama hades dan ditenggalim sama neptunus. Buru-buru langsung buka web SNMPTN dengan perasaan pasrah kalo bakal lemot pake bingit buat buka tu hasilnya. Tapi hari itu memang keberuntungan bagi gue karena ga perlu lama-lama nunggu loading, hehe. Dan waktu keluar tu hasilnya *jengjengjeng* rasanya lemes, ga percaya, mustahil, serasa mimpi, bohongan, fantasi, dan lain sebagainya. Di depan ternyata ayah gue juga lagi buka pengumuman langsung serentak teriak alhamdulillah bareng serumah. Ya Allah itu rasanya pengen nangis gimana gitu deh pokoknya. Langsung buru-buru telpon ke mbah 2 negara, madiun dan boyolali, gue sendiri telpon bu ika, guru BK gue sama sms bu wirta, mak aji wali kelas gue. Ga taulah pulsa gue berapa waktu itu pokoknya saat pulsa habis langsung lanjut sms beliau pada. Aduh itu tu sampe gue dateng ke rumah bu ika buat nanya tentang verifikasi rasanya masih ngambang, antara percaya ga percaya. Gue gitu, anak ababil, pinter ga pake banget standar juga ga pake banget, bawel, sukanya menggaje dengan omongan yang udah seharusnya ga jelas, ibadahnya juga terkadang masih bolong, dan masih banyak tentang gue itu. Diantara sekian ratus ribu siswa SMA, calon pelamar SNMPTN dari seluruh Indonesia, gue salah satu yang diterima dan dapet beasiswa juga itu rasanya WOW, ga percaya, bingung, ngambang, fantasi, beruntung.

Tau ga? Sebenernya sampe sekarang gue masih merasa kalau diterima gue di PTN itu tu as a better lucky for me. Ga mau bohong, sampe sekarang pun masih ga percaya dan masih berpikir gimana caranya buat ngebuktiin if it’s just not a lucky for me. But now I know how to make it real happen. Gue harus terus jalanin hasilnya ini dengan niat dari awal buat belajar di Pendidikan Biologi. Harus, mesti, kudu, wajib ! that’s enough for now for this story. 

Second, Honestly sebenernya gue ga terlalu suka sama prodinya. Tapi dari awal it’s pure my decision, so gue tetep harus ngejalain itu dengan niat yang lain sekarang sebagai seorang “Biologist”. Telling about prodi, awalnya mau ambil prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Di awal pemilihan prodi itu ‘katanya’ ga boleh lintas jalur kalo ikut ‘SNMPTN’, kalo yang jalur tulis boleh. Akhirnya gue searching browsing dan segala macem temennya. Sampe gue bolak-balik ke website snmptn buat mastiin bisa atau engga. Akhirnya, setelah gue pentelengin lama pake abis tu website yang menurut gue kurang menarik dan penipu, sampe bola mata gue keluar kaya spongebob yang di episode dia nemu kuda laut itu, entah karena mata gue yang terlalu lama mantengin tu web atau karena terlalu fokus mentelengin web, tetep aja tu jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sepenglihatan gue ga berubah dibagian tulisan “jurusan yang boleh mengikuti” tetep aja IPS. Heeeeuuuu !!! But, you know what ?!! dua atau tiga hari setelah SMNPTN ditutup, tu prdi boleh diikuti oleh jurusan IPA. Itu nyesek,kesel, sebel, marah campur aduk jadi satu. Heeeuuuuu !!!

Entah ada apa dengan pemilihan jurusan, tapi semuanya kayanya berpikir kalo masuk jurusan IPA itu mau ke bidang apapun ‘PASTI BISA’. Dari sejak kelas sebelas, karena gue lumayan cukup kenal dan deket sama kaka kelas, jadi I can see anything about them, especially yang menjelang pemilihan mau kuliah atau kerja, mau kuliah dimana dan mau pilih prodi apa. Listen their story, their crazier, kepusingan, bimbang harus milih prodi apa karena prodi jurusan itu diusahakan harus jadi yang pertama. Mulai dari situ gue agak nyesel masuk di IPA. Mau gue berpikir sekeras apapun, sepositif apapun kalau nanti pas tahun ajaran gue ga akan kaya mereka, tapi tetep aja yang pertama muncul ya itu. Hadeh, sejak saat itu jadi mikir bisa ga ya gue pindah jurusan ke IPS. Keputusan gue berpikir kaya gitu bukannya tanpa alasan. I don’t know, I think I have English passion in my self, eventhought it’s verry very small. But, if we do what we’ll do and we like that, it’s gonna be fun and so interested. Tapi it’s okay, karena keputusan gue dari awal sudah memilih Pendidikan Biologi, jadi harus gue jalanin apapun resikonya kedepan. Mau ga betah, ga suka dan lain sebagainya tapi gue harus coba. Toh masih dijalur pendidikan kok. Jadi ga jauh beda sama yang udah gue pernah pelajarin dari bocah ingusan jaman kelas 1 SD sampe ababil kelas 12 SMA. Insya allah bisa dijalankan dengan lancar tanpa hambatan suatu apapun. Amin~

Oke, selesai masalah penyesalan yang udah lalu. It’s time to preparing my next life and destiny. Fokus gita fokus ! ga boleh nyerah, ga boleh ngeluh, ga boleh bosen, ga boleh cengeng. Sekarang udah boleh tu keluar rumah, jadi jangan kecewain orang rumah. Harus mandiri, ga boleh gini gitu, jaga etiket sama nama baik keluarga. Semangat semangat semangat !!!

Third, aduh mikirin berkas registrasi tu rasanya kaya jalan di atas lidi yang ujungnya lava. Udah waktu ke sekolah mau minta nilai rapot semester 6, surat keterangan peringkat, legalisasi, and many others itu, disekolah pas lagi ada kaya semacem diklat gitu atau whateverlah. Pokoknya susaaaah banget, lama pake banget. Akhirnya kita begadang 5 hari di sekolah. Gue, Indah Sofiana, Widya Puji, Elis, Abu, sama Ghoni ialah makhluk yang diterima di universitas yang sama. Kita semua begadang 5 hari 8 malem buat ngurusin tu semua berkas verifikasi. Asin, pahit, sebel, kesel semuanya campur aduk jadi satu waktu itu. Dan pada saat hari verifikasi, gue sama Indah disuruh balik lagi besoknya buat ngasihin SK OSIS yang harusnya di legalisasi. Aduh gue sebel banget disitu. Tulisan di persyaratannya kan cuma yang akademik, yang non berarti engga, tapi masih aja diminta. Yaudah akhirnya  besoknya pagi kita ke sekolah buat minta legalisasi habis itu cus ke univ lagi.

Tapi jadi banyak cerita. Hari pertama ke univ tu Cuma sama Puji sama Elis plus mommy mereka. Nah gue gandeng babeh, jadikan ayah gue paling ganteng sendiri tu. Kita dikerjain sama tetangga gue yang sebelumnya nanya ke mahasiswa disana. Gapapalah pengalaman. Sampe naik bajaj Rp 15.000 tu ikhlas banget rasanya. Yang hari kedua, berangkat sama Indah Sofi aja, itu lumayanlah. Tapi once again, kita naikbajaj lagi dan itu ikhlas pake banget bingit deh pokoknya. Aduh kalo diceritain juga ga akan selesai satu lembar deh.  Haha, tapi senenglah. Cuma satu, kita belum keliling kampus dan daerah sekitar. Gapapalah, mungkin itu menyusul.

Fourth, tanggal 17 juni harus ke kampus lagi buat ngebenerin berkas verifikasi kemarin. Ya, sekali lagi, gue lolos dalam verifikasi itu. I’ve really really veriied now, and now I’m real as MABA Biologi Education. Berkas beasiswa juga harus diperbaiki dan dari kemarin gue bingung mau nyetak pas foto gue yang dari SD sampe SMA background belakangnya merah dan ga pernah ganti itu dimana. Mungkin besok. Yang jelas harus cepat deh biar kejadian waktu itu ga ngulang lagi. bukannya ga mau bolak-balik, kasian ibu gue uang belanjanya nanti kepake buat ongkos gue lagi. maklum kan mau puasa. Pengeluaran bisa 2-3 kali lipat dari biasanya.

Umm, doain ya supaya verifikasinya lancar, kuliahnya juga lancar, semoga betah dan ga neko-neko deh pokoknya. Ibadahnya juga juga biar nambah lancar setelah keluar dari rumah nanti. Dan satu lagi, semoga bisa ngebuktiin kalo pilihan gue itu memang bener-bener pure sangat benar 100000000000000% and my next and new destiny is start from here.

Thanks ya udah mau denger bacotan tak berarah ini. Yang masih setia sama manusia yang alaynya lagi kambuh ini semoga barokallah deh. Amin~  See ya on next posting 

No comments:

Post a Comment